Saturday, February 23, 2013

GOOGLE





Pengertian Google
GOOGLE artinya ialah mesin pencari di Internet dan merupakan nama search engine di Internet. Selain untuk sebuah mesin pencari, google juga mengembangkan sayapnya dengan memperlebar sistem pencarian Newsgrup/NNTP,  kemudian Froogle untuk pencarian harga-harga barang, dan kini membuat layanan web-base email Gmail dengan pendekatan kapasitas yang cukup besar, conversation dan user interface  lebih cepat dibanding webmail  yang lain.
Selain layanan di atas Google pun berafiliasi membuat Social Networking yang diberi nama orkut (Mirip dengan layanan yang disediakan oleh Friendster, Hi5, serta Linkedin yang lebih terrientasi ke bisnis dan job-seeking . Layanan Orkut ini dianggap lebih trusted karena untuk bergabung ke dalam Orkut harus di-invite oleh member yang sudah join.Banyak yang sudah menjadi member di google karena google menyediakan banyak informasi yang kita butuhkan. Dan, sebuah kata ngetren yang sangat tidak asing bagi pengguna internet seluruh dunia dan telah menjadi fenomena dunia yang tidak terbantahkan dalam menyajikan kemudahan mencari dan mengunduh informasi dunia tanpa batas ruang dan waktu.


Arti kata Google
          Menurut situs kamus populer 
Dictionary.com arti Google itu sendiri adalah sebuah tren yang sering digunakan dalam pencarian melalui internet. Tren ini seringkali muncul sebagai sebuah kata kerja.

        Sederhananya, arti Google secara harfiah adalah “mencari”.  Namun karena Google sudah menjadi sebuah tren dalam dunia pencarian dunia maya, maka istilah Google telah berubah menjadi situs pencarian paling terkenal yang ada di internet, yaitu Google, sebuah kata ngetren yang sangat tidak asing bagi pengguna internet seluruh dunia dan telah menjadi fenomena dunia yang tidak terbantahkan dalam menyajikan kemudahan mencari dan mengunduh informasi dunia tanpa batas ruang dan waktu.



Kelebihan Google

  • Simple, tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
  • Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
  • Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
  • Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.
  • Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id.
  • Sangat enteng dan cepat diakses.
Kekurangan Google

  • Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
  • Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
  • Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
  • Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik.


*Sumber :
http://wss-id.org/blogs/terry_erlina_sby/archive/2007/09/23/pengertian-google.aspx
 http://www.ekahary.com/pengertian-google-adsense/
http://trikis-zone.blogspot.com/2012/07/kelebihan-dan-kekurangan-google.html

*Nina Raditya Septiana_15_9A

No comments:

Post a Comment